Perbedaan Vokasi Dan Sarjana

Image: canva.com

Perbedaan Vokasi Dan Sarjana Yang Perlu Kamu Tau

Penting untuk Kamu yang hendak melanjutkan pendidikan setelah menyelesaikan SMA mengetahui mengenai perbedaan antara vokasi dan pendidikan akademik (sarjana). Sebab mengetahui perbedaan vokasi dan sarjana akan sangat membantu dalam pengambilan keputusan Kamu untuk masa depan pendidikan.

Secara singkat vokasi merupakan pendidikan dengan fokus pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Sedangkan sarjana merupakan pendidikan akademik yang fokus pada masalah keilmuan, seni, dan teknologi, baik penguasaan maupun pengembangannya. Bisa dikatakan lebih fokus pada keilmuan. Bukan hanya pengertian, ada perbedaan lain di antara keduanya. Yuk, simak uraian berikut ini.

Lulusan SMA dihadapkan pada pilihan masa depan, yaitu melanjutkan sekolah atau bekerja. Ketika memilih untuk melanjutkan pendidikan, Kamu harus memilih antara mengambil pendidikan vokasi atau akademik, dan ini bukan pilihan mudah. Agar bisa menentukan pilihan dengan benar, coba perhatikan perbedaan kedua jalur pendidikan tersebut berikut ini:

Baca Juga:  Apakah Itu Diploma? Berikut 10 Hal Tentang Diploma Lengkap

1. Fokus Pendidikan

Jika Kamu memilih kuliah vokasi, maka pendidikannya akan berfokus pada pemberian keahlian terapan dan praktik langsung. Kamu akan lebih sering melakukan praktik daripada mendapatkan teori. Perbandingannya adalah 60:40, 60% untuk praktik dan 40% teori.

Sedangkan pendidikan akademik atau sarjana akan berfokus pada pemberian teori pendidikan, teknologi, dan seni. Kamu akan sering belajar di kelas dan dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan berkaitan dengan jurusan yang diambil.

2. Tujuan Pendidikan

Perbedaan vokasi dan sarjana berikutnya adalah tujuan pendidikan. Pendidikan akademik memiliki tujuan untuk membuat mahasiswa menguasai ilmu atau teori suatu bidang pengetahuan. Hal ini guna meningkatkan pencapaian pada penelitian dan inovasi akan ilmu pendidikan yang dipilih.

Baca Juga:  Apa Itu Pendidikan Vokasi? Pengertian Pendidikan Vokasi Adalah ...

Sedangkan vokasi akan lebih fokus pada peningkatan kemampuan dan mempersiapkan mahasiswa untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah menyelesaikan pendidikan.

3. Tingkat Pendidikan

Untuk vokasi terdapat 4 jenjang pendidikan yang tergantung dari masa kuliah atau pendidikan yang Kamu jalani. Program pendidikan vokasi minimal 1 tahun dan maksimal 4 tahun. Program vokasi Diploma 1 untuk pendidikan 1 tahun, Diploma 2 untuk masa 2 tahun, dan seterusnya hingga Diploma 4 untuk pendidikan 4 tahun.

Kalau Kamu memilih jalur akademik, maka jenjang yang paling rendah adalah Sarjana S1 dengan masa kuliah minimal 3,5 tahun (7 semester) dan maksimal 8 tahun (12 semester). Kemudian lanjut jenjang S2 yang bisa diselesaikan dalam kurun waktu 2-4 semester, bisa juga lebih. Terakhir program doktoral dengan masa pendidikan tiga setengah tahun hingga 5 tahun.

Baca Juga:  Apa Saja Kelengkapan Dan Syarat Daftar Kuliah Yang Umum Dipakai?

Sebenarnya, kedua jenjang pendidikan ini punya keunggulan masing-masing. Tidak ada yang lebih baik atau lebih payah. Kamu hanya perlu menimbang mana yang paling sesuai dengan diri pribadi dan kemampuan ekonomi.

Jadi, sudah tahu perbedaan vokasi dan sarjana, bukan? Sekarang tinggal Kamu putuskan untuk memilih jalur pendidikan paling sesuai dengan keinginan, kemampuan, dan impian saja. Selamat mencoba.