Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK TKR

Image: canva.com

10 Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK TKR Yang Perlu Kamu Tau

Biasanya, jurusan SMK Teknik Kendaraan Ringan atau TKR banyak dipilih oleh laki-laki. Ini tentu saja agar Kamu bisa langsung bekerja setelah kelulusan. Namun, Kamu juga bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi agar prospek kerja yang didapatkan lebih baik. Lalu, apa saja jurusan kuliah untuk lulusan SMK TKR? Berikut rangkumannya.

1. Teknik Otomotif

Salah satu jurusan yang bisa Kamu ambil adalah jurusan Teknik Otomotif. Kamu akan mempelajari bagaimana cara untuk mengembangkan, membuat, dan merancang alat-alat transportasi menggunakan mesin, salah satunya mobil, bus, truk, dan motor.

2. Teknik Mesin

Jurusan teknik mesin juga sangat cocok bagi lulusan SMK TKR. Prodi yang satu ini mempelajari tentang kinematika, teknik material, termodinamika, energy, dan mekanika. Nantinya Anda bisa bekerja di industri otomotif, teknisi operator mesin, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Pelajaran TKR (Teknik Kendaraan Ringan) Di SMK

3. Teknik Elektro

Jika ingin berpindah haluan dari otomotif, Anda bisa mengambil jurusan teknik elektro. Prodi yang satu ini mempelajari tentang aplikasi listrik untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat. Pada dasarnya, jurusan ini menerapkan konsep produksi, pengembangan, dan perancangan perangkat listrik dan elektronik.

4. Matematika

Selain bidang teknik, Kamu juga bisa mengambil jurusan matematika. Mata kuliah yang satu ini masih berhubungan dengan mata pelajaran yang Kamu pelajari sebelumnya.

5. Fisika

Selain matematika, Kamu juga bisa mengambil jurusan fisika. Dengan mengambil jurusan ini, Kamu bisa menjadi ilmuwan, tenaga pendidik, programmer, PNS, dan masih banyak lagi.

6. Teknik Kimia

Selain itu, Kamu juga bisa mengambil teknik kimia sebagai jurusan kuliah untuk lulusan SMK TKR. Jurusan ini mempelajari tentang pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi dan berguna.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja TKR (Teknik Kendaraan Ringan) Dan Gajinya

7. Teknik Perminyakan

Bagi Kamu yang ingin melanjutkan studi di bidang perminyakan, tidak ada salahnya untuk mengambil jurusan ini. Nantinya Kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan minyak negeri maupun swasta dengan gaji yang fantastis.

8. Teknik Industri

Kamu juga bisa mengambil jurusan teknik industri setelah lulus dari SMK TKR. Dengan mengambil jurusan ini, Kamu bisa bekerja menjadi analis produksi, quality control, purchasing, marketing, dan masih banyak lagi.

9. Teknik Refrigerasi Dan Tata Udara

Teknik refrigerasi dan tata udara juga bisa menjadi pilihan bagi Kamu untuk melanjutkan studi. Jurusan yang satu ini mempelajari tentang teknik pendinginan suatu benda atau ruangan. Kamu nantinya bisa bekerja di industri-industri yang membutuhkan refrigerasi dan bekerjasama dengan arsitek dalam merancang sistem tata udara.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan)

10. Administrasi Bisnis Otomotif

Terakhir, Kamu bisa mengambil jurusan administrasi bisnis otomotif. Jurusan ini terbilang masih jarang dan hanya ada di beberapa perguruan tinggi saja di Indonesia. Jurusan ini bisa menjadikan Kamu wirausaha yang profesional, baik itu di sektor industri menengah maupun industri kecil.

Itulah 10 jurusan kuliah untuk lulusan SMK TKR yang bisa Kamu jadikan referensi tambahan. Semoga ulasannya bermanfaat, ya.