Kelebihan Dan Kekurangan Jurusan TKR

Image: canva.com

Kelebihan Dan Kekurangan Jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) Di SMK

Teknik kendaraan ringan atau TKR adalah salah satu jurusan yang ada di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK. Dalam jurusan TKR ini, Kamu akan mempelajari ilmu dan materi pembelajaran yang berkaitan dengan dunia permesinan, terutama mesin-mesin kendaraan. Bagi Kamu yang sedang mempertimbangkan untuk masuk jurusan ini, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan jurusan TKR untuk pertimbangan Kamu.

1. Kelebihan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan

Di jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Kamu akan mendapat materi teori dan praktek yang berkaitan dengan industri otomotif. Hal ini membuat Kamu memiliki keahlian seputar otomotif, dimana prospek kerjanya saat ini masih cukup luas. Kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan otomotif internasional yang banyak membuka pabrik-pabriknya di Indonesia.

Baca Juga:  10 Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK TKR Yang Perlu Kamu Tau

Perusahaan-perusahaan besar ini juga selalu membutuhkan banyak karyawan ahli setiap tahunnya, dimana Kamu yang memiliki latar belakang pendidikan teknik kendaraan ringan tentu akan memiliki peluang lebih besar.

Prospek karir para lulusan teknik kendaraan ringan juga diprediksi masih akan terus dibutuhkan hingga bertahun-tahun ke depan. Hal ini mengingat perkembangan industri otomotif yang masih terus berkembang pesat setiap harinya. Maka. Kamu akan selalu memiliki peluang kerja yang terbuka lebar.

Kelebihan dan kekurangan jurusan TKR selanjutnya adalah keahlian yang akan Kamu dapatkan. Selain untuk bekerja di berbagai perusahaan otomotif, Kamu juga bisa membuka usaha dan bisnismu sendiri dengan memanfaatkan ilmu yang Kamu miliki. Kamu bisa membuka usaha bengkel yang akan selalu dibutuhkan oleh orang-orang mengingat mereka akan selalu membutuhkan tenaga ahli untuk merawat kendaraan-kendaraan mereka.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja TKR (Teknik Kendaraan Ringan) Dan Gajinya

2. Kekurangan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan

Dunia otomotif terutama para montir dan mekanik identik dengan pekerjaan yang cukup berat di bengkel yang kotor dan panas. Begitu pula dengan berbagai praktek yang dilakukan di jurusan Teknik Kendaraan Ringan akan berlangsung di bengkel dan membuat Kamu harus menghadapi mesin-mesin.

Saat melakukan praktek, Kamu akan berkotor-kotoran dan berpanas-panasan dengan mesin tersebut. Bagi Kamu yang tidak terbiasa, hal ini tentu tidak akan menyenangkan.

Dalam melakukan berbagai praktek tersebut, Kamu juga memerlukan peralatan-peralatan khusus yang harus Kamu beli dan persiapkan. Begitu pula jika Kamu ingin melakukan latihan sendiri di rumah. Kamu harus memiliki media dan peralatan yang berkaitan dengan dunia otomotif tersebut. Maka, pastikan Kamu memiliki anggaran yang cukup untuk hal-hal semacam ini ketika Kamu memutuskan untuk masuk jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan)

Saat Kamu lulus dan memutuskan untuk membuka bengkel, Kamu juga harus memulainya dengan modal yang cukup besar mengingat berbagai peralatan bengkel merupakan peralatan-peralatan yang tidak bisa dibilang murah.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan jurusan TKR untuk referensi bagi Kamu yang sedang mempertimbangkan untuk masuk jurusan ini.